Karang

Karang adalah hewan, sedangkan terumbu karang merupakan suatu ekosistem. Terdapat banyak penjelasan dari karang yang dilihat dari segi anatomi, fisiologi, morfologi, sampai fungsi. Hewan karang tidak semuanya bisa menghasilkan rangka kapur, ada juga yang tidak. Karang yang menghasilkan rangka kapur disebut karang hermatipik yang mencakup ordo Madreporaria = Scleractinia sedangkan karang yang tidak menghasilkan rangka kapur disebut karang ahermatipik. Karang hermatipik merupakan karang yang menyusun terumbu karang. Berikut beberapa pengertian dari karang:

Karang merupakan binatang yang sederhana berbentuk tabung dengan mulut berada di atas yang juga berfungsi sebagai anus (Suharsono, 2010).

Karang adalah anggota filum Cnidaria yang termasuk mempunyai bermacam-macam bentuk seperti ubur-ubur, Hidroid, Hydra air tawar, dan anemon laut. Karang dan anemon laut adalah anggota taksonomi klas yang sama, yaitu Anthozoa. Perbedaan yang utama adalah bahwa karang menghasilkan kerangka luar dari kalsium karbonat, sedangkan anemon tidak (Nybakken, 1992).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s